Jumat, 29 April 2011

Overclock Processor, Jadikan Komputer Lemot jadi Kilat

        Punya komputer yang lemot? Tentu saja menjengkelkan, tetapi jika kita bisa merekayasa piranti komputer yang bisa membuat komputer lemot menjadi cepat kerjanya maka tak perlu lagi bersusah payah untuk membeli komputer baru yang lebih cepat. salah satu cara untuk mendesain komputer lemot menjadi cepat dapat dilakukan dengan Overclocking pada processornya. Hal ini dapat meningkatkan kerja processor hingga mencapai 7 Gigahertz (GHz).
        Cara untuk melakukan Overclocking cukup mudah, yaitu hanya dengan
meningkatkan frekuensi processor melalui Bios. Metode ini pernah di lakukan oleh Mahasiswa Fakultas Teknik Jurusan Teknik Informatika dari salah satu universitas di jawa timur dalam seminar Update Technology Berbahasa Android, Digital Music dan Overclocking. Dalam forum Overclocking Internasional, kemampuan Overclocking hingga mencapai 7 Gigahertz ini merupakan rekor baru, yang sebelumnya mencapai 6,7 GHz.
        Sebenarnyaa, processor yang ditanam dalam komputer pada dasarnya sama. Hanya tipenya saja yang berbeda. Rata-rata pabrikan awalnya membentuk processor berbentuk wafer yang dipotong-potong. Setiap potong itu sama dalam hal kapasitas dan kemampuannya. Processor itu kemudian disesuaikan dengan komponen lain saat dipasangkan dalam rakitan komputer. Keberadaan processor yang seperti ini masih dapat diotak-atik untuk didongkrak kinerjanya. Caranya adalah melalui Setting Bios. Disitu nanti Bus Processor dan Multiplayer-nya ditingkatkan untuk bisa m,endongkrak frekuensi Speed Processor sehingga kinerja komputer bisa lebih maksimal. Sebagai contoh, komputer dengan kapasitas Processor 3 GHz memiliki perhitungan 200 Bus Processor X 15 Multiplayer. Angka pada Bus Processor dan Multiplayer itu bisa ditingkatkan. Perlu diingat pula untuk melakukan perubahan kelistrikan dengan meningkatkan voltase komputer. 
        Metode Overclocking ini sudah ada cukup lama, namun ada kekhawatiran jika processor di-Overclocking maka akan membuat komputer rusak. Padahal kalau Overclocking dilakukan dengan cara yang tepat, justru akan memberikan banyak manfaat. Jika Overclocking gagal, komputer paling hanya akan mengalami hang atau gagal booting saja. Semoga bisa membantu, terima kasih.

5 komentar:

nurul aini mengatakan...

apakah cara ini jg bisa dterapkan pada leptop atau notebook

Laili Itu Saia, 093654020 mengatakan...

proses Overclocking processor dapat diterapkan pada leptop maupun notebook karena sebenarnya sama halnya dengan prosesor baru pada komputer sehingga dapat meningkatkan kerja processor hingga mencapai 7 Gigahertz (GHz )

SeStu Anak Sains mengatakan...

apakah perbedaan antara overlocking sama RAM komputer? kan biasanya, jika komputer atau notebook kita lemot, dianjurkan untuk menambah RAM.

Laili Itu Saia, 093654020 mengatakan...

overlocking itu perlakuan pada processor untuk meningkatkan kerja processor, sedangkan RAM itu elemen atau perangkat penyusun komputer jadi sangat berbeda....

NUR KHOLIQ mengatakan...

kingin belajr tapi buta sama komputer

Posting Komentar